UNTAG Surabaya Terus Meningkatkan Sertifikasi ISO Ke Standar ISO 9001:2015

Selasa, 18 Oktober 2016 - 11:32:27 WIB
Dibaca: 1592 kali

Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya akan terus berupaya meningkatkan Standar ISO 9001:2008 ke Standar ISO 9001:2015. Sertifikasi ISO yang dimiliki oleh institusi pendidikan tinggi merupakan bukti kualitas perguruan tinggi.

Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM), Dr. Nanis Susanti, MM kepada warta17agustus.com menjelaskan, UNTAG Surabaya akan terus berupaya merealisasikan Standar ISO 9001:2015. 'Untuk bisameningkatkan ke Standar ISO 9001:2015. dibutuhkan perilaku budaya mutu pada pimpinan dan unit-unit. Jika semua komponen tidak mendukung maka tidak akan jalan,' kata Dr. Nanis.

Lebih lanjut Dr. Nanis mengatakan, pada awalnya untuk mengajak semua komponen cukup sulit, tetapi perlahan-lahan budaya mutu sudah mulai disadari. 'Saya bersyukur di UNTAG Surabaya ini komitmen pimpinan sangat tinggi, mulai dari yayasan kemudian didukung rektorat. Hal ini sudah menjadi modal dasar BPM  untuk bekerja lebih giat,' tambahnya.

Menurut dosen Fakultas Ekonomi itu, budaya mutu harus dijadikan kebiasaan dan untuk mewujudkannya dibutuhkan komunikasi dan koordinasi terus menerus. Selain itu, dibutuhkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan bukti atau dokumen setiap kegiatan yang dilaksanakan.

'Budaya mutu adalah bekerja berdasarkan standar, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Setelah evaluasi akan ada perbaikan, begitu terus-menerus,' tutup Dr. Nanis.


 


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya