Kualitas Dosen Baru Diakui Jika Sudah Mempunyai Sertifikat Pendidik

Selasa, 18 Oktober 2016 - 11:38:32 WIB
Dibaca: 116 kali

Kualitas Dosen Baru Diakui Jika Sudah Mempunyai Sertifikat Pendidik

Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNTAG Surabaya melakukan pengarahan calon peserta sertifikasi dosen (Serdos) tahap 1 tahun 2016 dan penyerahan akun. Ketua BPM, Dr. Nanis Susanti, MM mengatakan, dosen bisa lulus serdos jika sudah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dosen baru diakui kalau sudah terserdos, kemudian kalau sudah lolos maka dosen akan memegang sertifikat pendidik, jadi jika dosen belum memegang serdik belum diakui kedosenannya,” jelas Dr. Nanis kepada warta17agustus.com, Jum’at (10/6/2016). Sedangkan pengarahan calon peserta sertifikasi dosen (Serdos) tahap 1 tahun 2016 dan penyerahan akun terlaksana, Jum’at (3/6) di ruang I 107, Gedung Pascasarjana.

Agar lulus serdos, kata  Dr. Nanis, seorang dosen harus sudah memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Unsur penting lainnya adalah lulus Tes Toefl, TPA (Tes Potensi Akademik), dan  leadership.

“Semuanya dituangkan dalam diskripsi diri, jadi seorang dosen harus mampu menilai dirinya sendiri. Mungkin agak mudah jika dinilai orang lain. Seorang dosen yang sudah melaksanakan semua kegiatan akademik pasti akan percaya diri,” tambah dosen Fakultas Ekonomi itu.

Pada gelombang pertama tahun 2016 ini ada 9 dosen yang mempunyai kesempatan mendapatkan sertifikasi dosen. Kesembilan dosen tersebut adalah 7 dari Fakultas Hukum, 1 dari FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan 1 dari Fakultas Teknik. Hingga Tahun 2016 ini sebanyak 198 dosen yang sudah terserdos dari 325 dosen di UNTAG Surabaya, dan sisanya yang belum terserdos adalah dosen baru.

“Salah satu peran BPM yaitu melakukan monev untuk setiap dosen di LKD (Laporan Kinerja Dosen), BKP (Beban Kerja Dosen) apakah dosen sudah melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tegas Dr. Nanis.

Sementara itu, Wakil Rektor II UNTAG Surabaya, Dr. RA. Retno Hastijanti, ST.,MT, saat membuka pengarahan calon peserta sertifikasi dosen (Serdos) tahap 1 tahun 2016 mengatakan, serdos merupakan kewajiban bagi semua dosen yang bisa menjadi poin penting bagi kemajuan universitas.

“Patuhi SOP yang ada dan konsultasikan ke BPM jika mengalami kesulitan. Mudah-mudahan semua bisa lolos serdos,” pungkas dosen Teknik Arsitektur itu.

Komentar