Rencana Tindak Lanjut Pengembangan Dan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal UNTAG Surabaya

Selasa, 18 Oktober 2016 - 11:47:08 WIB
Dibaca: 469 kali

Rencana Tindak Lanjut Pengembangan dan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal UNTAG Surabaya setelah megikuti kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di ruang Auditorium gedung A lantai 3 kampus UNTAG Surabaya(30/9/2016).

Dr.Nanis Susanti, MM Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNTAG Surabaya mengatakan hasil dari Bimbingan Teknis SPMI yang diselenggarakan di UNTAG Surabaya kita wajib melaksanakan amanat Undang-Undang  Nomor 12 Tahun 2012 dan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2014 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Peserta dari  5 universitas antara lain: UNTAG Surabaya sekaligus tuan rumah kegiatan Bimtek SPMI, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Universitas Ronggolawe Tuban, Universitas Wiiyaya Putra Surabaya dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, masing-masing peserta harus membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) Pengembangan dan Implementasi SPMI.

“ Dari RTL tersebut kita harus membuat standar dari 3 ranah Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta masing-masing ranah ada 8 standar jadi kita harus membuat buku untuk 24 standar. Misal dari ranah pendidikan ada standar isi harus diterjemahkan standar isi pendidikan itu apa,  jadi nanti akan lebih terperinci dan setiap perguruan tinggi termasuk UNTAG Surabaya  akan membuat rincian lagi secara spesifik  serta  hasil akhir kita harus membuat rencana tindak lanjut,”tambah Dr. Nanis Susanti, MM.

Merencanakan tindak lanjut pengembangan dan Implementasi SPMI di PT melibatkan unit kerja sebagai berikut:  (1)Sosialisasi SPMI kepada unsur di PT kepada unsur yayasan, pimpinan PT, dosen da tenaga kependidikan serta mahasiswa (2)Penyusunan dokumen mulai dari kebijakan SPMI, manual, standar SPMI dan formulir SPMI (3) Implementasi SPMI di PT, meliputi pengesahan semua dokumen di PT termasuk penetapan standar Dikti, sosialisasi semua dokumen di PT, uji coba implementasi SPMI, pelaksanaan standar Dikti, evaluasi pelaksanaan standar dikti, pengendalian pelaksanaan dikti dan peningkatan standar dikti (4) Rencana lain terkait pengembangan dan implementasi SPMI di PT meliputi penggunaan IT untuk dokumentasi dan sosialisasi berbasis Web SPMI.

Kemudian RTL UNTAG Surabaya ini juga ditanda tangani oleh fasilitator Prof.Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M.Pd dan rektor UNTAG Surabaya Prof. Dr.drg.Hj. Ida Aju Brahmasari, dipl.,DHE.MPA. “Mudah – mudahan SPMI UNTAG Surabaya memenuhi 24 standar, bisa segera menindak lanjuti, merealisasikan perencanaan SPMI secara formal dibuktikan dalam bentuk buku dan diaplikasikan serta SPMI di UNTAG Surabaya semakin baik lagi,”tutup ketua BPM UNTAG Surabaya tersebut.

Komentar